3 Jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit Paling Gampang

Psssstttt!!!

Oppo sedang mengadakan banyak promo nih....

Khusus di bulan Oktober ini, ada diskon sampai 700 ribu untuk pembelian Oppo A52, A53, dan A91! Asyik banget kan?

Promo ini berbatas waktu loh....

Buruan klik di October Oppo Fest! Pesta diskon sampai 700 ribu!!!


Bermasalah sama perut yang mulai menggendut? Apalagi kalau pas pakai baju lama jadi agak ketat di bagian perut dan tampak lipatan lemak. Belum kalau dibuat duduk, atau aktifitas yang memerlukan tubuh untuk menekan perut, misal menjangkau sesuatu pas kita duduk, kerasa tertekan gitu ya?

Kalau udah gini, biasanya kita mulai terdorong untuk olahraga biar perut rata, atau setidaknya ngecilin perutlah ya. Hehee. Sayangnya, pas udah mulai, banyak yang mudah menyerah di tengah, atau bahkan di awal karena udah kerasa susah gitu.

Nah, ini Arum bagikan 3 jenis olahraga gampang buat ngecilin perut yang bisa dilakukan dimana aja, terutama pas #dirumahaja.

3 Jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit Paling Gampang

3 jenis olahraga gampang buat ngecilin perut | Photo by Keifit / Pixabay

Mari kita pecah 3 jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut ini:

  1. Olahraga yang dilakukan sambil berdiri
  2. Olahraga yang dilakukan ketika duduk
  3. Olahraga sambil tiduran.

Olahraga yang kita lakukan sambil berdiri itu umum banget. Kita biasa tahu dan melakukannya.

Bagaimana dengan olahraga sambil duduk dan tiduran? Emang ada?

Ada dunk….

Supaya tidak penasaran, lanjut …..

1. Olahraga Sambil Berdiri

Awali dengan berdiri tegak. Letakkan kedua tangan di pinggang. Pegang dengan mantap sehingga kita bisa merasakan lemak di bagian kanan dan kiri perut.

Lanjutkan dengan berjalan di tempat. Semakin lama, semakin tinggikan langkah anda, hingga posisi paha tegak lurus dengan perut. Tidak perlu cepat-cepat. Atur nafas, dan rasakan otot perut anda menegang. Lakukanlah ini selama minimal 2 menit.

2. Olahraga Sambil Duduk

Ada 2 step untuk olahraga perut sambil duduk, yaitu:

  • Menekan Pusar

Duduklah tanpa bersandar. Pastikan dada ditegakkan dan posisi punggung lurus. Posisi kedua kaki sejajar dengan tubuh anda.

Jika sudah, tarik nafas dalam, tahan. Letakkan jari anda pada pusar. Berikan tekanan pada pusar atau udel secukupnya, jangan terlalu keras atau lembut. Setelah itu hembuskan nafas perlahan. Jika nafas sudah habis, lepaskan pusar anda. Ulangi kembali sampai minimal 10 kali.

  • Memutar Torso

Torso itu bagian tubuh mulai dari perut ke atas. Masih tetap duduk tegak tanpa bersandar. Kedua kaki lurus sejajar dengan tubuh. Letakkan kedua tangan menyilang di depan dada. Jika kesulitan untuk menyeimbangkan badan, kedua tangan boleh diletakkan di sisi tubuh.

Tariklah perut dan tahan selama anda melakukan aktifitas ini. Kemudian, putarlah torso anda ke kanan sejauh yang anda bisa. Jika sudah terasa mentok, perlahan kembali luruskan torso anda. Ulangi sebanyak minimal 10 kali. Jika sudah, lakukan putaran torso ke kiri sebanyak minimal 10 kali juga.

3. Olahraga Sambil Tiduran

Tiduran adalah olahraga yang paling dinanti karena dirasa paling mudah. Bisa jadi.. dan karena itulah ada 3 step untuk olahraga pada posisi ini.

  • Sit Up Ringan

Berbaringlah di atas matras agar mendapat posisi tidur yang lurus tanpa merasakan sakit jika langsung begitu saja tanpa alas di atas lantai.

Tekuk kedua kaki anda secukupnya dan pastikan kedua telapak kaki sepenuhnya menyentuh alas atau lantai. Letakkan kedua tangan anda di belakang kepala. Lalu mulailah sit up sejauh yang anda bisa. Tidak perlu sampai posisi duduk. Yang terpenting anda bisa merasakan otot perut anda menegang.

Lakukan repetisi minimal 2 set, 1 set – 10 kali sit up. Beri jeda antar set untuk mengatur nafas dan meluruskan punggung.

  • Menggerakkan Panggul

Masih dengan posisi berbaring yang lurus, angkat kedua paha anda hingga terasa menekan perut. Jangan lupa untuk menarik perut. Lalu angkat kedua betis anda sejajar dengan tubuh. Posisikan kaki anda menyilang, kaki kanan di atas kaki kiri.

Letakkan kedua tangan anda di kepala, dan angkat kepala anda. Jika sudah, mulailah gerakan panggul anda, seperti megal-megol. Gerakan pula pundak anda seiring dengan gerakan panggul, jadi pas panggul naik, pundak turun. Gerakan ini akan membuat lemak perut kiri dan kanan tertekan dengan himpitan otot panggul dan pundak.

Lakukan repetisi minimal 2 set, 1 set – 10 kali gerakan. Beri jeda antar set untuk mengatur nafas dan memastikan perut anda tetap ditarik.

  • Menyilangkan Tangan dan Kaki

Tetap dalam posisi tidur lurus, tekuklah kaki kanan anda, dan pastikan telapak kaki kanan sepenuhnya menyentuh alas atau lantai. Luruskan lengan kanan anda di atas kepala. Letakkan tangan kiri anda di belakang kepala.

Mulailah angkat kaki kiri dan tangan kanan anda hingga menyilang dan bertemu di atas perut anda. Pastikan siku dan lutut tidak menekuk.

Lakukan repetisi minimal 2 set, 1 set – 10 kali gerakan. Beri jeda antar set untuk mengatur nafas dan meluruskan punggung. Jika sudah, ulangi pada sisi tangan dan kaki yang lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Lakukan ini setiap hari. Jika sudah rutin melakukan ini, anda akan merasa hal ini semakin mudah dilakukan, dan anda bisa menambah lama durasi atau repetisinya.

Selain itu, pastikan minum air yang cukup dan tidak rebahan setelah makan. Kalau tidak, sama aja dong ya.. habis olahraga – perut mengecil, habis makan langsung tidur – perut membesar. Jadinya, perut ya segitu-segitu aja. Nggak mau kan? Yuk mulai kebiasaan sehat kita.

Author: Arum Kinasih

"this too, shall pass"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *