22 Manfaat Berjalan Kaki

Olahraga adalah aktifitas yang sangat penting untuk dilakukan jika kita ingin memiliki badan yang sehat. Berjalan kaki adalah salah satu aktifitas olahraga yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak manfaat berjalan kaki yang bisa kita dapatkan.

Kebanyakan orang yang sibuk atau yang tidak memiliki anggaran lebih untuk membeli alat olahraga bisa memilih aktifitas ini. Selain kita tidak perlu membeli peralatan apapun untuk melakukannya, gratis pula. Tapi jangan lupa untuk memakai alas kaki yang nyaman, mau sendal jepit juga nggak masalah, asal bukan highheels aja.

Berjalan kaki juga merupakan obat yang luar biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan berjalan kaki selama 30 menit perhari dapat memberikan pengaruh besar bagi kesehatan.

Apa saja manfaat berjalan kaki?

22 Manfaat Berjalan Kaki | arum.me
22 Manfaat Berjalan Kaki

22 Manfaat Berjalan Kaki

1. Meningkatkan Kecerdasan

Seriusan? Karena paling nggak umum, Arum sebutkan pertama, hehe. Kok bisa? Percaya atau tidak, berjalan kaki bisa meningkatkan suplai darah yang mengangkut oksigen dan glukosa ke otak. Jadi, fungsi otak akan menjadi maksimal. Kalau otak sudah bekerja dengan maksimal, segala informasi yang kita dapatkan juga akan diterima dan diserap dengan baik oleh otak.

Nggak hanya pemikiran yang meningkat, namun juga memori, kemampuan kognitif, belajar, dan kemampuan membaca. Selain itu, penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak – alzheimer dan dementia akan turun juga resikonya.

2. Menghilangkan Pengaruh Ketergantungan Pada Obat

Saat berjalan kaki, kita akan mengeluarkan keringat yang setara dengan sauna, saat itu tubuh kita mengeluarkan keringat, saat itulah tubuh juga melepaskan berbagai zat racun dalam tubuh, termasuk zat adiktif yang ada dalam tubuh.

3. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Olahraga sederhana ini dapat membuat resiko terkena kanker payudara menurun sebanyak 30% dan meningkatkan potensi selamat (jika sudah terkena) hingga 70%, karena berjalan kaki dapat membantu mengurangi efek kemoterapi.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wakayama Medical College di Jepang, 83 partisipan yang punya tekanan darah cukup tinggi melakukan gerakan 10.000 langkah setiap hari selama 12 minggu, pada minggu ke-12, tekanan darah mereka menurun secara signifikan, bahkan stamina tubuh mereka juga meningkat.

5. Menurunkan Kolesterol

Selain membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi, manfaat berjalan kaki adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Level kolesterol LDL yang dapat menyumbat pembuluh arteri akan menurun sehingga resiko terkena stroke juga menurun.

6. Menurunkan Gula Darah

Aktifitas ini membantu kita dalam mengurangi kadar gula dalam darah. Resiko terkena penyakit diabetes pun menurun, terutama diabetes tipe 2.

Para ilmuwan menyarankan untuk mengambil minimal 5.000 langkah perhari, 3.000 langkah berjalan cepat dan 2.000 langkah berjalan santai.

7. Mencegah Gangguan Pada Sistem Kardiovaskular

Manfaat lain berjalan kaki adalah membuat pembuluh darah menjadi tetap terbuka dan fleksibel sehingga resiko terkena serangan jantung pun menurun. Potensi selamat dari serangan jantung juga meningkat hingga 80%.

Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal American Geriatrics Society, mereka yang berusia 65 tahun atau lebih dapat menurunkan resiko gangguan sistem kardiovaskular jika berjalan kaki minimal 4 jam per-minggu.

8. Meningkatkan Mood

Berjalan kaki bisa jadi moodbooster lho. Kok bisa? Bergerak diterjemahkan sebagai hal positif oleh otak kita. Berjalan kaki minimal 12 menit saja saat kalian merasa down dan rasakan bedanya.

9. Membantu Membakar Kalori

Nah ini, cocok banget buat kalian yang lagi diet untuk mengurangi lemak. Buat yang sudah punya berat badan ideal, berjalan kaki bisa membuatmu mempertahankan berat badan yang sudah kamu miliki.

10. Meningkatkan Kreativitas

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Frontiers of Neuroscience mengungkapkan bahwa manfaat berjalan kaki yang lain adalah meningkatkan pemikiran konvergen dan divergen yang diperlukan untuk meningkatkan kreativitas.

11. Menurunkan Ketergantungan Pada Makanan Manis

Biasanya perempuan nih yang doyan makan yang manis-manis seperti cokelat atau permen. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, dengan berjalan kaki 15 menit saja dapat menurunkan ketergantungan tersebut, termasuk saat kita dalam keadaan badmood yang biasanya bawaannya pingin makan cokelat.

12. Mengecilkan Ukuran Pinggang

Dengan melakukan jalan kaki secara teratur saja, sesuai jadwal tanpa ada libur atau jam yang molor, perut yang rata bukan hanya akan jadi sekedar impian lho. Tapi posisinya harus bener, kepala tegak dan pandangan lurus ke depan, jangan menunduk.

Lalu lemaskan leher, pundak dan punggung. Ayunkan tangan secukupnya dengan sedikit menekuk siku. Sedikit tarik otot perut sambil bernafas sedalam yang kita bisa, dan nikmati perjalanan.

13. Menghilangkan Alergi

Ada yang sering bersin, gatal-gatal, mata berair, hidung tersumbat, atau ingusan karena alergi sesuatu? Coba berjalan kaki. Menurut para peneliti, berjalan kaki selama 15 menit dapat menurunkan reaksi alergi hingga 70%.

14. Memperpanjang Usia

Yup! Salah satu manfaat berjalan kaki adalah dapat membantu memperpanjang usia hingga 7 tahun, karena orang yang rajin berolahraga akan merasa lebih bahagia, bersemangat, dan berantusias dalam menjalani kehidupan ini.

15. Anti Aging

Nggak cuma krim kecantikan atau sayuran dan buah-buahan lho yang bisa bikin awet muda, berjalan kaki juga bisa.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di PLOS One, olahraga kardiovaskular seperti berjalan kaki dapat meningkatkan produksi enzim Telomerase yang bertugas melindungi Telomer dan mengurangi kerusakan DNA yang diyakini berkontribusi pada proses penuaan. Jadi, kalau enzim Telomerase meningkatkan, proses penuaan pun akan terhambat.

16. Menguatkan Tulang dan Otot

Menurut penelitian yang dilakukan di Oxford University, tulang yang kuat dapat dibentuk melalui olahraga yang berhubungan dengan mengangkat beban, dan berjalan adalah salah satunya, kan mengangkat berat tubuh sendiri.

Kalau tulang kuat, maka kita akan terhindar dari penyakit osteoporosis, tulang tidak mudah retak, dan juga menghambat pemendekan ukuran tulang ekor. Yup! Kita bisa bertambah pendek lho.

Otot juga akan menguat sehingga kita akan memiliki stamina, postur tubuh, dan keseimbangan tubuh yang baik.

17. Meningkatkan Fungsi Mata

Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience ditemukan bahwa orang yang rajin melakukan olahraga aerobik seperti berjalan kaki, memiliki bola mata yang lebih sehat, sehingga resiko penurunan kinerja retina dan penurunan fungsi penglihatan karena usia pun akan menurun.

18. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Selain mengkonsumsi makanan bergizi dan minum banyak air, berjalan kaki juga dapat membantu proses pencernaan. Kita dapat meminimalisir resiko kembung, konstipasi, diare, bahkan kanker usus.

19. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berjalan kaki minimal 30 menit perhari dapat meningkatkan kinerja sel-sel imun, yaitu B-cells, T-cells dan sel pembunuh alami yang membantu melepaskan WBC dengan cepat sehingga tubuh kita akan cepat sembuh dari penyakit.

20. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Ketika berjalan, kita menghirup lebih banyak oksigen. Pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang cepat dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Hal ini dapat meningkatkan stamina tubuh.

21. Mengurangi Resiko Nyeri Sendi

Berjalan kaki sejauh 8 – 9 km dalam seminggu dapat mencegah penyakit artritis atau radang sendi. Berjalan kaki bisa melindungi sendi, terutama pada bagian lutut dan pinggang, karena aktifitas ini dapat memicu produksi pelumas pada sendi dan menguatkan otot yang menyangganya.

22. Mengurangi Gejala PMS

Bagi para wanita, saat kalian mulai merasa nyeri haid, cobalah berjalan kaki. Hal ini akan mengurangi rasa sakit yang timbul karena mengelupasnya dinding rahim.

Apalagi kalau sudah sensitif, gampang marah, gampang sedih, berjalan kaki bisa memicu produksi hormon endorfin yang membuat kita senang. Hindari jalan cepat atau lari saat haid, berjalan santai saja sudah cukup.

***

Banyak banget kan manfaat berjalan kaki? Yuk mulai sekarang rajin berjalan kaki. Nggak perlu jauh-jauh, bisa jalan keliling kompleks, pergi ke toko terdekat, atau kalau mau sambil cuci mata, bisa tuh jalan kaki keliling mall.

22 Manfaat Berjalan Kaki
5 (100%) 5 votes

Berikan komentar....