19 Trik Psikologis Yang Pasti Akan Memudahkan Hari-Hari Beratmu

Ada banyak buku psikologi yang dapat kita baca untuk menambah pengetahuan kita tentang bagaimana menghadapi orang lain, namun tidak semua orang bisa mencerna kerumitannya dengan baik.

Ada 19 trik psikologis simple yang bisa kita lakukan untuk menghadapi orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Apa aja tuh? Yuk kita simak barengbareng.

19 Trik Psikologis Yang Pasti Akan Memudahkan Hari-Hari Beratmu

19 Trik Psikologis | arum.me
19 Trik Psikologis | Photo by Scott Webb / Unsplash

1. Membuat Orang Lain Melakukan Apa Yang Kamu Minta

Jangan meminta seseorang untuk melakukan sesuatu dengan kata “bisakah?”. Orang akan mengasumsinya sebagai pertanyaan teoritis. Misalkan kita bertanya, “Bisakah kamu mengirim fax?”. Orang itu akan menjawab, “Tentu saja saya bisa mengirim fax, tapi saya sedang tidak ingin melakukannya.”

Nah, trik-nya, kalau kita ingin orang lain melakukan apa yang kita minta, katakan, “Tolong kirimkan fax ke perusahaan itu.”

2. Membuat Orang Lain Merasa Tidak Nyaman

Jika kita melihat ke arah tengah dahi atau area atas di antara kedua mata kita, orang yang kita lihat akan merasa tidak nyaman. Kenapa? Karena secara tidak sadar, orang tersebut akan merasa kita sedang memerhatikan secara hati-hati seperti ingin mengkritik sesuatu.

Kita bisa melakukan itu dengan lawan bicara saat kita mulai tidak nyaman dengan keadaan. Yah, untuk jaga-jaga semisal kita ada urusan namun lawan bicara kita tidak juga berhenti berbicara.

3. Agar Orang Tidak Ngeles Saat Ditanya

Banyak orang suka menghindari menjawab pertanyaan yang kita ajukan, terutama bila itu berhubungan dengan hal yang bersifat rahasia. Trik untuk mengatasinya yaitu, saat bertanya, kita bisa terus lakukan kontak mata, namun berhentilah berbicara untuk sesaat sehingga akan ada jeda percakapan.

Secara psikologis, hal ini akan membuat lawan bicara kita menjadi tidak nyaman, maka ia akan mengatasinya dengan terus berbicara yang akhirnya akan berujung memberikan detail yang berhubungan dengan pertanyaan kita, dan bahkan ia akan mengatakan yang sebenarnya.

Sekalipun dia ingin berbohong, sikap kita yang diam membuat dia berpikir bahwa kita sebenarnya sudah mengetahui kenyataannya.

4. Membuat Orang Lain Menyukai Kita di Lingkungan Baru

Kita hanya perlu melakukan percakapan yang membahas sesuatu, jadi silahkan meminta orang lain untuk menjelaskan suatu hal. Entah orang tersebut mengetahuinya atau tidak, namun ini adalah awal yang baik untuk mengenal orang lain.

5. Membuat Orang Lain Meng-iya-kan atau Menyetujui Apa Yang Kita Katakan

Saat menyampaikan sesuatu dan kita ingin mendapat persetujuan, lakukanlah sambil menganggukan kepala. Bukan berarti kita anggukangguk nggak jelas gitu, yang ada malah dikira gila. Hehehe.

Anggukannya seperti saat kita sedang meng-iya-kan sesuatu. Trik psikologis ini biasa dilakukan oleh pelayan restaurant saat menawarkan menu, dan ini berhasil membuat pelanggan bersedia membeli makanan atau minuman yang mereka tawarkan.

6. Saat Seseorang Sedang Konsentrasi Penuh Dalam Melakukan Sesuatu

Ini adalah hal yang bisa dilakukan jika ingin mengajak orang lain bercanda. Saat seseorang sedang berkonsentrasi pada sesuatu, misalkan saat sedang menerima telepon penting, ulurkanlah tanganmu, maka dia akan memberikan apapun yang saat itu sedang ia pegang kepadamu, dan bahkan ia akan lupa jika sudah memberimu benda yang ia pegang.

Trik ini tidak hanya berlaku untuk meminta apapun yang sedang mereka pegang, namun kita juga bisa membuat mereka memegang apapun yang kita berikan kepadanya. Jadi, saat kita butuh bantuan membawa barang, berikan kepada orang yang sedang menelepon, ia tidak mungkin menolaknya. Hehehe.

7. Membuat Orang Tidak Menolak Permintaanmu

Orang akan cenderung tidak suka bila dianggap tidak bisa melakukan sesuatu. Nah ini bisa banget dimanfaatkan untuk meminta tolong. Misalkan kita ingin teman kita membantu menyampul buku, tantang dia dengan “Kamu pasti nggak bisa nyampul sebuah buku dengan rapi.” Dia akan cenderung membuktikan bahwa kita salah dan mulai menyampul buku.

Setelah itu, beri pengakuan dan pujilah kemampuannya. Saat kita meminta tolong untuk menyampulkan lebih banyak buku, dia tidak akan tega menolak permintaanmu.

8. Membuat Orang Lain Memperhatikan Perkataanmu

Seperti halnya poin ke-5, sedikit mengangguk saat berbicara akan membuat lawan bicara kita lebih memperhatikan apa yang kita bicarakan, bahkan mereka tidak akan menyadari mengapa mereka begitu memperhatikannya.

9. Membuat Orang Lain Memberi Pilihan Yang Lebih Baik

Saat orang lain memberikan sebuah penawaran kepada kita, kita bisa saja menyukai tawaran itu, namun jika kita berharap yang lebih baik, maka tunjukanlah sedikit ekspresi kecewa, maka orang tersebut akan secara ajaib memberikan tawaran yang lebih baik. Ini cocok banget buat yang lagi nyari kerja dan ingin mendapat gaji yang lebih baik.

10. Membuat Kita Lebih Bersemangat Memulai Hari

Segera setelah alarm kita berbunyi, bangun dan duduklah. Angkatlah kedua tanganmu sambil berseru “Hore!” seakan kita telah berhasil mencetak gol pada sebuah pertandingan sepak bola. Trik psikologis ini akan memicu semangat kita untuk menjalani hari.

11. Memastikan Kita Sudah Melakukan Suatu Hal

Kita biasanya sering lupa apakah kita sudah mengunci pintu saat keluar rumah, atau sudah mematikan kompor, dan lain-lain. Untuk membantu mengingatnya, mulai biasakan mengucapkan suatu frasa aneh atau unik yang berbeda untuk setiap aktifitas yang selesai dilakukan.

Misalkan mengucapkan “Es krim coklat” setelah mengunci pintu, atau mengucapkan “Kuda poni” seusai mematikan kompor. Jika nanti kita mencoba mengingat apakah sudah mengunci pintu, kita akan ingat sudah mengucapkan “Es krim coklat”, berarti pintunya sudah dikunci.

12. Menangani Orang Yang Mengajak Kita Berdebat

Kalau ada orang yang ngajak debat, katakan sesuatu yang baik tentangnya, pasti langsung nggak jadi berdebat. Kebaikanlah yang memang bisa mengalahkan kejahatan. Atau kita bisa memilih untuk diam, karena nggak ada yang lebih menyakitkan daripada diabaikan.

Tapi kalau yang mengajak berdebat adalah orang terdekat kita, seperti pasangan, keluarga atau sahabat, cobalah posisinya dirimu pada situasinya, mungkin memang ada suatu hal yang terlewatkan olehmu.

13. Membuat Orang Malas Mau Bekerja

Jika kita memiliki rekan kerja yang malas dan bisanya hanya menghambat selesainya tugas, mintalah dia melakukan sesuatu dengan “Coba mulai dengan melakukan ini”. Kalimat ini lebih efektif daripada dengan “Lakukan ini!” karena pekerjaan yang dilakukan terkesan sedikit dan mudah.

Kalau dia sudah menyelesaikan tahap pertama, katakan “Bagus! Sekarang lanjutkan dengan melakukan ini.” dan terus begitu sampai dia menyelesaikan semua tahap sampai akhir. Trik psikologis ini sangat efektif untuk memberdayakan pemalas.

14. Mengatasi Demam Panggung Saat Pidato

Buat kita yang sering demam panggung saat akan pidato, bawalah botol minuman. Kenapa? Karena saat kita nervous, tenggorokan kita akan terasa kering, jadi kita perlu minum. Dengan minum pun kita bisa sambil mengingat hal apa yang akan kita katakan.

Kita bisa juga menyampaikan kepada penonton kalau kita sedang nervous. Hal itu akan menurunkan ketegangan, menenangkan pikiran, dan membuat penonton lebih simpati kepada kita karena mungkin mereka juga pernah mengalami hal yang sama.

15. Mengalihkan Pandangan Orang Lain

Saat kita sedang berada di tempat umum atau menaiki kendaraan umum, kita sering menyadari orang lain sedang memerhatikan dan melihat kita dengan intens, dan itu nggak nyaman banget.

Cobalah trik psikologis dengan terus melihat sepatu mereka. Mereka akan merasa tidak nyaman dan berhenti memandangi kita.

16. Rasa Tidak Nyaman Membuat Orang Lain Tidak Nyaman

Jika kita mulai merasa aneh atau khawatir karena sering bertemu atau berpapasan dengan seseorang yang kita kenal, pada akhirnya orang tersebut juga akan merasakan ketidak-nyamanan yang sama.

17. Membuat Orang Lain Memperbaiki Kesalahannya

Orang akan cenderung tidak nyaman apabila disalahkan atas kesalahannya, walaupun memang ia salah. Ubahlah perkataan (misalnya) “Kamu kok nggak menutup jendela sih sebelum tidur.” dengan “Jendelanya nggak ditutup semalam lho.”

Perkataan ini lebih efektif karena secara psikologis, perkataan tersebut terkesan tidak menyalahkan. Selain itu, mereka juga akan mengerti akibat dari kesalahannya dan belajar untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi.

18. Menyegarkan Tubuh Yang Kurang Istirahat

Saat kita tidak mendapat cukup istirahat, katakan bahwa kita sudah cukup istirahat, maka kita akan merasa bahwa kita memang sudah cukup istirahat. Aneh ya?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Colorado College menunjukkan hasil bahwa saat kita sungguh-sungguh meyakinkan diri bahwa kita sudah tidur cukup, otak kita akan bekerja dengan baik seperti telah tidur cukup. Maka performa kerja pun kita akan menjadi maksimal.

19. Agar Diingat Orang Lain

Kita akan cenderung mengingat awal dan akhir dari aktifitas kita selama seharian. Apa yang terjadi di antaranya akan terlupa atau nggak diingat dengan jelas.

Ini sesuai bagi kita yang akan melakukan interview pekerjaan. Bila memungkinkan, setujulah untuk menjadwalkan waktu interview pada jam-jam awal kantor atau mendekati akhir jam kantor. Dengan begitu, orang yang mewawancarai kita akan lebih mengingat kita.

Itulah 19 trik psikologis yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Source: BrightSide

19 Trik Psikologis Yang Pasti Akan Memudahkan Hari-Hari Beratmu
5 (100%) 2 votes

Berikan komentar....